Press Release KBMK Nasional 2020

Pusat prestasi Nasional bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung melaksanakan kegiatan Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis Manajemen dan Keuangan (KBMK) Tahun 2020 secara daring, kegiatan ini berjalan dengan lancar dari tahap pendaftaran, evaluasi proposal sampai pelaksanaan final. Pada tahun 2020 kegiatan KBMK dilaksanakan dengan 6 jenis kategori lomba, yaitu : Kompetisi Bidang Komersialisasi Riset dan Teknologi, Kompetisi Analisis Kasus Bisnis Bidang Manajemen dan Operasional, Kompetisi Bidang Keuangan Audit Investigatif, Kompetisi Riset Investasi, Kompetisi Bidang Penulisan Essay Ilmiah, Kompetisi Perencanaan Bisnis dengan Aspek SDG.

Kondisi Covid-19 yang sedang melanda Indonesia bahkan dunia, tidak menyurutkan semangat mahasiswa untuk mengikuti kegiatan KBMK, terlihat dari jumlah mahasiswa yang mendaftar pada KBMK tahun 2020 sebanyak 571 tim dan terdiri dari 135 Perguruan Tinggi yang terlibat.

Kegiatan KBMK tahun 2020 ditutup oleh Kepala Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Asep Sukmayadi. Kepala Pusprenas berpesan kepada peserta untuk tetap berinovasi dan berkreativitas ditengah pandemic Covid 19, jangan biarkan rasa malas mengalahkan semangat untuk menciptakan ide-ide dan terobosan baru dan tetap fokus meraih cita-cita. Selanjutnya penyampaian juara KBMK Tahun 2020 di sampaikan oleh masing-masing ketua juri lomba.

Berikut hasil dari pelaksanaan KBMK Tahun 2020:

  1. Kompetisi Bidang Komersialisasi Riset dan Teknologi; 1) ERBRON-C TEAM [ITB], 2) CBR Robot [ITB], 3) KerabaTani DEV_UM [UM]
  2. Kompetisi Analisis Kasus Bisnis Bidang Manajemen dan Operasional : 1) Nefertiti [ITB], 2) Baruna-PPNS [PPNS], 3) Agrilog [IPB]
  3. Kompetisi Bidang Keuangan Audit Investigatif; 1) WTP [UGM], 2) Chicken Force [Institut Keuangan Perbangkan dan Informatika Asia Perbanas], 3) Piero De Medici [UI]
  4. Kompetisi Riset Investasi; 1) AQM Capital [UI], 2) Versus Capital [UGM], 3) Team Mugiwara [ITB]
  5. Kompetisi Bidang Penulisan Ilmiah; 1) Merci [IPB], 2) Future Boss Team [ITS], 3) Pejuang Wisata [IPB], 4) Tim Ampresand [ITB], 5) Bismillah Mumtaz (UM)

Kepala Pusat Prestasi Nasional mengucapkan selamat dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para juara dan seluruh finalis KBMK 2020 Tahun 2020 yang telah berjuang dan berkompetisi secara jujur dan sportif. Semoga prestasi-prestasi ini menjadi pemicu motivasi dan semangat bagi rekan-rekan mahasiswa lain untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan positif yang dapat memicu inovasi dan kreativitas di masa pandemi ini. Tetap semangat berprestasi dari rumah.