Seminar Bela Negara (Pendidikan Anti Napza)
Biro Kemahasiswaan bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) mengadakan seminar bela negara pendidikan anti penyalahgunaan NAPZA dengan tema ‘preview prevalensi permasalahan narkoba di Provinsi Lampung’. e-certificate
Seminar Bela Negara
Pembentukan Soft Skills Mahasiswa dalam Memasuki Dunia Kerja Sertifikat Biro Kemahasiswaan Universitas Bandar Lampung (UBL) kembali mengadakan kegiatan seminar dalam rangka pembentukan karakter mahasiswa sebagai bagian dari program pembinaan Kemahasiswaan di kampus UBL. Kali ini Presenter TV One, Brigita Manohara, diundang sebagai pembicara. Kegiatan ini bertempat di Aula Gedung F, Kampus A UBL, Jl. Z.A. […]
Webinar Bela Negara Pencegahan Kekerasan Seksual & Perundungan (Bullying)
Biro Pembinaan Kemahasiswaan Universitas Bandar Lampung mengadakan kegiatan Webinar Bela Negara Pencegahan Kekerasan Seksual & Perundungan (Bullying) dengan Topic: Dampak Catcalling Bagi Para Perempuan dan Sanksi Bagi Para Pelakunya di Indonesia. Pembicara:1. ?♂️Cindani Trika Kusuma, M,Psi, (Psikolog)2. ?♂️Yulia Hesti, S.H., M.H. (Dosen Fakultas Hukum, Universitas Bandar Lampung) e-certificate
Biro Kemahasiswaan menggelar Bela Negara Pendidikan Anti Radikalisme
Biro Kemahasiswaan Universitas Bandar Lampung (UBL) mengadakan Seminar Bela Negara Pendidikan Anti Radikalisme dengan tema Deteksi Dini dan Pencegahan Penyebaran Radikalisme dan Terorisme di Lingkungan Kampus. Acara yang digelar Senin (7/3) pagi, sekitar pukul 09.00-11.00 WIB itu menghadirkan narasumber Ken Setiawan selaku Mantan Pelaku Radikalisme sekaligus Pendiri Negara Islam Indonesia (NII) Crisis Center. Ken Setiawan […]
Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa
Setiap Gerakan pembaharuan selalu dipelopori oleh para pemuda. Para pemuda mempunyai idealisme tinggi, kemauan bekerja keras, dan cita-cita besar dalam memandang masa depannya. Kampus sebagai institusi pencetak para intelektual muda diharapkan mampu menciptakan pemimpin bangsa yang mempunyai mental dan keinginan kuat untuk memperbaiki keadaan bangsa demi generasi penerus. Mahasiswa diharapkan menjadi agent of change dengan […]
Seminar Pembekalan
Pembentukan Soft Skill Mahasiswa dalam Memasuki Dunia Kerja Biro Pembinaan Kemahasiswan dan Hubungan Alumni Universitas Bandar Lampung mengadakan kegiatan Seminar Pembekalan untuk calon wisudawan/wati yang diwisuda pada tanggal 18 November 2021 di Convention Hall Pascasarjana Universitas Bandar Lampung. Kegiatan kali ini diisi oleh Agus Murdoko sebagai narasumber. Agus Murdoko saat ini bekerja di stasiun TV […]
Webinar Bela Negara Pendidikan Anti Korupsi
Dalam rangka Dies Natalis Emas Universitas Bandar Lampung, Biro Pembinaan Kemahasiswaan Universitas Bandar Lampung, mengadakan kegiatan WEBINAR BELA NEGARA Pendidikan anti korupsi dengan tema ““Pendidikan Anti Korupsi di Perguruan Tinggi”” Pembicara: DOTTY RAHMATIASIH (Kepala Satuan Tugas Kampanye, Direktorat Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi) ZAINUDDIN HASAN, S.H., M.H. (Dosen Fakultas Hukum Universitas Bandar Lampung) NYIMAS MAHARANI PUTRI […]
Webinar Bela Negara Pendidikan Anti Penyalahgunaan NAPZA
Dalam rangka Dies Natalis Emas Universitas Bandar Lampung, Biro Pembinaan Kemahasiswaan Universitas Bandar Lampung mengadakan kegiatan Virtual Seminar Bela Negara PENDIDIKAN ANTI PENYALAHGUNAAN NAPZA dengan tema “Optimalisasi Sinergitas Badan Narkotika Nasional dalam Mewujudkan Generasi Penerus Bangsa yang Berkualitas melalui KAMPUS BERSIH NARKOBA” Pembicara dalam webinar ini adalah Komjen. Pol. Dr. Drs. Petrus Reinhard Golose, M.M. […]
Webinar Bela Negara Pencegahan Kekerasan Seksual dan Perundungan (Bullying)
Biro Pembinaan Kemahasiswaan Universitas Bandar Lampung mengadakan kegiatan webinar bela negara dengan Topic: Pencegahan Kekerasan Seksual dan Perundungan (Bullying) Pembicara:1. ?♂️Sely Fitriani, S.H., Ketua PUSPA (Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak Kota Bandar Lampung)2. ?♂️Yulia Hesti, S.H., M.H. (Dosen Fakultas Hukum, Universitas Bandar Lampung)3. ?♂️Maya Eka Putri (Mahasiswi UBL) e-certificate
Program Bela Negara Latihan Kreatifitas Management Mahasiswa (LKMM)
[PROGRAM BELA NEGARA LKMM (Latihan Kreativitas Management Mahasiswa)] Kamis, 16 September 2021 Organisasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer mengadakan sosialisasi mengenai program bela negara, kegiatan tersebut melibatkan seluruh Mahasiswa baru dari Fakultas Ilmu Komputer 2021.Semoga semua materi yang diberikan dapat tersampaikan dengan baik dan dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. “Bela negara merupakan perilaku warga negara […]
Seminar Kewirausahaan dengan tema “Mengenal Investasi & Komunitas Pasar Modal”
Biro Kemahasiswaan Universitas Bandar Lampung mengundang kita semua untuk mengikuti seminar kewirausahaan dengan tema “Mengenal Investasi & Komunitas Pasar Modal”Time: April 20, 2022 10:00 WIB Keynote Speaker?♂️Wenny Permata Sari, S.M., M.M.Entrepreneur, CEO Fruit Salad Lampung, Dosen FEB UBL?♂️Fahmi Al Kahfi, SEIExecutive Trainer Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Lampung Moderator: Gabrielle G. Nafinoor . e-certificate
Seminar Kewirausahaan
Biro Kemahasiswaan mengadakan seminar kewirausahaan pada hari Rabu, 2 Februari 2022 pukul 10.00 WIB. Narasumber pada kegiatan ini adalah Edwin Sutadipraja, M.B.A., Entrepreneur dan Product Designer, dan Dr. Lukmanul Hakim, S.H., M.B.A., dosen Fakultas Hukum Universitas Bandar Lampung. Tema dalam seminar kali ini adalah Ciptakan Peluang dengan Berwirausaha. E-Certificate
Webinar Kewirausahaan
Dalam rangka Dies Natalis Emas Universitas Bandar Lampung, Biro Pembinaan Kemahasiswaan Universitas Bandar Lampung, Pusat Studi UMKM Universitas Bandar Lampung bekerja sama dengan Rumah BUMN Bandar Lampung mengadakan kegiatan Virtual Seminar Kewirausahaan dengan tema “Kewirausahaan bagi Mahasiswa Tingkat Dasar” pada tanggal 21 Oktober 2021 dengan pembicara: Robby Ghanias Cake (UMKM Rumah BUMN) Appin Purisky Redaputri, S.M.B., […]
A. PERTUKARAN PELAJAR
Indikator penilaian pada aspek pertukaran pelajar atau mahasiswa pada tingkat nasional dan/atau internasional ditinjau dari aspek pembinaan, program, dan jumlah mahasiswa
Keterangan:
- Unggah dokumen pendukung berupa surat keputusan, surat tugas, laporan akademik pelaksanaan kegiatan (lembar pengesahan, foto dokumentasi) baik pengiriman maupun penerimaan mahasiswa minimal terdapat nama kegiatan, lokasi, dan jumlah mahasiswa atau dokumen lain yang dapat membuktikan validitas informasi sesuai kriteria yang dipersyaratkan.
- Pertukaran mahasiswa bukan dalam rangka kompetisi/seminar/conference
- Satu dokumen yang diunggah merupakan bukti untuk satu kegiatan pertukaran mahasiswa/kelompok mahasiswa
- Unggah jumlah total mahasiswa D3 dan D4/S1 pada institusi PT yang telah disahkan dan ditandatangani oleh pejabat yang berwenang
B. MAGANG/PRAKTIK KERJA
Indikator penilaian pada aspek kegiatan Magang/praktik Kerja atas inisiatif mahasiswa/kerjasama institusi dan mitra di luar kurikuler yang ditinjau dari aspek pembinaan, program dan jumlah mahasiswa.
Keterangan:
- Unggah dokumen pendukung berupa surat keputusan, surat tugas, laporan akademik pelaksanaan kegiatan (lembar pengesahan, foto dokumentasi) magang/praktik kerja mahasiswa minimal terdapat nama kegiatan, lokasi, dan jumlah mahasiswa atau dokumen lain yang dapat membuktikan validitas informasi sesuai kriteria yang dipersyaratkan.
- Satu dokumen yang diunggah merupakan bukti untuk satu kegiatan magang/praktik industri mahasiswa/kelompok mahasiswa
- Unggah jumlah total mahasiswa D3 dan D4/S1 pada institusi PT yang telah disahkan dan ditandatangani oleh pejabat yang berwenang
C. MENGAJAR DI SEKOLAH
Indikator penilaian pada aspek mahasiswa mengajar di sekolah yang dilaporkan adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa, kelompok mahasiswa/organisasi kemahasiswaan dalalm mengajar di sekolah di luar kurikuler yang dibuktikan dengan surat keterangan dan laporan kegiatan. Parameter penilaian dari aspek program dan jumlah mahasiswa.
Keterangan:
- Unggah dokumen pendukung berupa surat keputusan, surat tugas, laporan akademik pelaksanaan kegiatan (lembar pengesahan, foto dokumentasi) mengajar di sekolah minimal terdapat nama kegiatan, lokasi, dan jumlah mahasiswa atau dokumen lain yang dapat membuktikan validitas informasi sesuai kriteria yang dipersyaratkan.
- Satu dokumen yang diunggah merupakan bukti untuk satu kegiatan mengajar di sekolah oleh mahasiswa/kelompok mahasiswa.
- Unggah jumlah total mahasiswa D3 dan D4/S1 pada institusi PT yang telah disahkan dan ditandatangani oleh pejabat yang berwenang.
D. PENELITIAN/RISET
Indikator penilaian aspek kegiatan penelitian atau riset mahasiswa yang dilakukan di lembaga riset atau pusat studi ditinjau dari aspek pembinaan, program, dan jumlah mahasiswa. Penelitian atau riset mahasiswa yang dilaporkan dalam bentik output/prosiding, artikel jurnal, LoA dari lembaga riset atau pusat studi di luar program studi.
Keterangan:
- Unggah dokumentasi pendukung berupa surat keputusan/surat tugas/LoA dan lurarna/output hassel penelitian tau riset yang berupa prosiding atau artikel jurnal (submit/review/accept/publish), atau dokumen lain yang dapat membuktikan validates informasi sessuali kriteria yang dipersyaratkan.
- Satu dokumen yang diunggah merupakan bukti kegiatan penelitian mahasiswa/kelompok mahasiswa
- Unggah jumlah total mahasiswa D3 dan D4/S1 pada institusi PT yang telah disahkan dan ditandatangani oleh pejabat yang berwenang.
E. PROYEK KEMANUSIAAN
Indikator penilaian pada aspek proyek kemanusiaan mahasiswa yang dilaporkan adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa, kelompok mahasiswa/organisasi kemahasiswaan dalam proyek kemanusiaan yang dibuktikan dengan surat keterangan dan Laporan akademik. Sebagai contoh: relawan kebencanaan, relawan covid-19, donor darah, dll. Parameter penilaian dari aspek program dan jumlah mahasiswa.
Keterangan:
- Tidak termasuk Kuliah Kerja Nyata (KKN), Program Kreativitas Mahasiswa, dan PHP2D.
- Unggah dokumentasi pendukung berupa surat keputusan/surat tugas, dan/atau Laporan akademik pelaksanaan kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat yang terdapat lembar pengesahan yang disertai foto dokumentasi pelaksanaan kegiatan atau dokumen lain yang dapat membuktikan validasi informasi sesuai kriteria yang dipersyaratkan.
- Satu dokumen yang diunggah merupakan bukti untuk satu kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.
- Unggah jumlah total mahasiswa D3 dan D4/S1 pada institusi PT yang telah disahkan dan ditandatangani oleh pejabat yang berwenang.
F. PROYEK DI DESA
Indikator penilaian pada aspek kegiatan membangun atau proyek di desa yang dilaporkan adalah pengabdian yang dilakukan oleh kelompok/organisasi kemahasiswaan dan keikutsertaan mahasiswa dalam pengabdian dosen, proyek/kegiatan membangun desa yang dibuktikan dennen surat keterangan dan laporan akademik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat lain yang dilakukan oleh mahasiswa dapat dilaporkan. Parameter penilaian dari aspek program dan jumlah mahasiswa.
Keterangan:
- Tidak termasuk Kuliah Kerja Nyata (KKN), Program Kreativitas Mahasiswa, dan PHP2D.
- Unggah dokumentasi pendukung berupa surat keputusan/surat tugas, dan/atau laporan akademik pelaksanaan kegiatan atau dokumen lain yang dapat membuktikan validasi informasi sesuai kriteria yang dipersyaratkan.
- Satu dokumen yang diunggah merupakan bukti untuk satu kegiatan proyek di desa.
- Unggah jumlah total mahasiswa D3 dan D4/S1 pada institusi PT yang telah disahkan dan ditandatangani oleh pejabat yang berwenang
G. WIRAUSAHA
Indikator penilaian pada aspek kegiatan wirausaha dihitung berdasarkan persentase mahasiswa atau kelompok mahasiswa yang telah menjalankan usaha melalui program/kegiatan kewirausahaan pada tahun 2021 dari jumlah total mahasiswa D3 dan D4/S1 yang mash aktif. Mahasiswa yang menjalankan usaha mandiri tanpa mengikuti program pembinaan dan bukti pembinaan tidak dapat dilaporkan mahasiswa berwirausaha.
Keterangan:
- Tidak termasuk PKM-K, KBMI, ASMI, KIBM, PKM-V, dan kegiatan-kegiatan diklat/pelatihan/seminar/workshop kewirausahaan
- Lampirkan bukti dokumen pendukung berupa surat keterangan, daftar mahasiswa peserta program kewirausahaan, dan laporan akademik pelaksanaan kegiatan yang terdapat lembar pengesahan disertai foto dokumentasi pelaksanaan kegiatan, terdapat bukti jumlah mahasiswa yang melaksanakan program kewirausahaan, foto dokumentasi usaha yang terdapat logo/informasi tulisan perguruan tinggi atau dokumen lain yang dapat membuktikan validitas informasi sesuai kriteria yang dipersyaratkan.
- Unggah jumlah total mahasiswa D3 dan D4/S1 pada institusi PT yang telah disahkan dan ditandatangani oleh pejabat yang berwenang.
H. STUDI/PROYEK INDEPENDEN
Indikator penilaian pada aspek kegiatan studi atau proyek independen di luar kurikuler yang menghasilkan sebuah
produk/karya inovasi sesuai bidang keilmuan dilakukan dalam rangka mengikuti sebuah kompetisi/kejuaraan ditinjau dari aspek pembinaan, program, dan jumlah mahasiswa.
Keterangan:
- Unggah dokumentasi pendukung berupa surat keputusan/surat tugas/laporan dan luaranhasil studi/proyek independen atau dokumen lain yang dapat membuktikan validitasinformasi sesuai kriteria yang dipersyaratkan.
- Unggah jumlah total mahasiswa D3 dan D4/S1 pada institusi PT yang telah disahkan danditandatangani oleh pejabat yang berwenang.
I. REKOGNISI NON-LOMBA
Rekognisi merupakan sebuah prestasi non kompetisi yang diraih oleh mahasiswa pada sebuah instansi PT dimana rekognisi diberikan oleh pemerintah, komunitas, organisasi, atau masyarakat. Selain itu, rekognisi juga diberikan kepada instansi PT. Rekognisi yang diakui dalam pemeringkatan kemahasiswaan ini adalah:
- Pendaftaran Paten.
- Hak Cipta/Buku (penulis pertama adalah mahasiswa aktif yang terdaftar di PD-DIKTI).
- Juri/Pelatih Nasional/Internasional.
- Pemakalah/Speaker pada Conference/Seminar Nasional/Internasional (dihitung per judul paper).
- Peserta pameran karya seni tingkat Nasional/Internasional.
- Karya cipta lagu yang telah dipublikasikan/rekaman/diakui.
- Karya cipta seni tari yang telah dipentaskan/didokumentasikan.
Kriteria penskoran pada kategori rekognisi mahasiswa pada sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh lembaga penyelenggara secara mandiri selain dari lembaga Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi diatur sebagai berikut:
Nomor | Pengakuan/Rekognisi | Poin/Rekognisi |
---|---|---|
a | Pendaftaran Paten | 10 |
b | Hak Cipta/Buku | 8 |
c | Juri/Pelatih Internasional | 6 |
d | Juri/Pelatih Nasional | 4 |
e | Conference/Seminar sebagai Pemakalah pada seminar Internasional | 6 |
f | Conference/Seminar sebagai Pemakalah pada seminar Nasional | 4 |
g | Peserta Pameran Internasional | 6 |
h | Peserta Pameran Nasional | 4 |
i | Karya cipta lagu yang telah dipublikasikan/rekaman/diakui | 4 |
j | Karya cipta seni tari yang telah dipentaskan/didokumentasikan | 4 |
Keterangan:
- Unggah dokumen berupa sertifikat atau piagam penghargaan/rekognisi, buktidokumentasi berupa cover buku, dan kartu tanda mahasiswa, nomor ISBN, atau dokumen lain yang dapat membuktikan validitas informasi sesuai kriteria yang dipersyaratkan dalam pemberian indeks penilaian kategori rekognisi.
- Unggah jumlah total mahasiswa D3 dan D4/S1 pada institusi PT yang telah disahkan dan ditandatangani oleh pejabat yang berwenang.
Pada kategori rekognisi, klaim pengakuan perolehan tidak serta merta mendapatkan skor sesuai tingkat pengakuan rekognisi. Namun perlu validasi dan pemberian indeks pada pengakuan rekognisi. Syarat dan ketentuan pemberian indeks penilaian diatur sebagai berikut:
No. | Syarat Bukti | Indeks |
---|---|---|
1 | Pindaian sertifikat apresiasi atas sebuah karya yang dikeluarkan oleh 70% penyelenggara atau pemberi apresiasi penghargaan *). | 70% |
2 | a. Foto penyerahan sertifikat apresiasi, foto pameran/pagelaran, foto kegiatan, atau foto/dokumen karya yang diapresiasi*) atau | 30% |
b. URLlamanpenyelenggara,URLmediasosialpanitiapenyelenggara, URL hasil publikasi karya, atau URL berita pada surat kabar, atau | ||
c. Pindaian surat undangan/invitasi, undangan kegiatan, undangan sebagai pembicara, atau surat tugas dari institusi PT*) | ||
Jumlah | 100% |
Ketentuan pemberian indeks penilaian prestasi kategori rekognisi ditentukan sebagai berikut:
- Bukti sertifikat adalah sertifikat asli (bukan fotokopi) yang dikeluarkan resmi oley panitia penyelenggara. Sertifikat yang dikeluarkan olen perguruan tinggi sebagai bukti penghargaan atas prestasi yang diperoleh tidak sah atau tidak dapat diakui.
- URL yang dituliskan adalah URL laman penyelenggara yang mempublikasikan berita informasi lomba/kejuaraan atau URL informasi lomba/kejuaraan pada media sosial dari panitia penyelenggara, URL hasil publikasi karya, atau URL berita pada surat kabar online terkait kegiatan lomba/ kejuaraan yang diselenggarakan. URL digunakan untuk menelusuri bahwa kegiatan yang diselenggarakan benar-benar terselenggara. Laman tidak sah apabila laman tersebut berupa blog pribadi yang mengunggah informasi kejuaraan.
- Foto penyerahan sertifikat apresiasi, foto pameran/pagelaran, foto kegiatan, atau foto/dokumen karya yang diapresiasi merupakan dokumen pendukung yang valid dan dapat diperyakan untuk memastikan bahwa klaim pengakuan/apresiasi benar-benar diperoleh oleh mahasiswa.
- Pindaian surat undangan/invitasi, undangan kegiatan, undangan sebagai pembicara diperoleh dari penyelenggara kegiatan atau pemberi pengakuan/apresiasi atau dapat juga mengunggah surat tugas atau surat izin atau bukti surat keterangan lain yang dikeluarkan oleh institusi Perguruan Tinggi kepada mahasiswa baik secara individu maupun kelompok dalam upaya peraihan sebuah pengakuan/apresiasi penghargaan yang termasuk dalam kategori rekognisi.
- Apabila syarat bukti tidak ada yang terpenuhi maka diberikan indeks 0%.
J.KEGIATAN BELA NEGARA
Kegaitan bela negara merupakan program kegiatan terstruktur yang difasilitasi perguruan tinggi untuk mengembangkan kepribadian nasional yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila, kegiatan tersebut meliputi pelaksanaan kegiatan dengan kategori
- Pelatihan kepemimpinan mahasiswa.
- Pelatihan militer/kewiraan/wawasan nusantara.
- Pendidikan norma, etika, pembinaan karakter, dan soft skills mahasiswa.
- Pendidikan atau gerakan anti korupsi.
- Pendidikan atau gerakan anti penyalahgunaan NAPZA.
- Pendidikan atau gerakan anti radikalisme.
- Kampanye pencegahan kekerasan seksual dan Perundungan (bullying).
- Kampanye kampus sehat dan/atau green campus.
Keterangan:
- Unggah bukti dokumen dengan lembar pengesahan yang dapat membuktikan validitassesuai indikator penilaian yang dipersyaratkan.
- Unggah dokumentasi pendukung berupa laporan akademik pelaksanaan kegiatan ataudokumen lain yang dapat membuktikan validitas informasi sesuai kriteria yangdipersyaratkan.
- Guna memperkuat bukti, perguruan tinggi dapat menyertakan informasi URL berita/sosialmedia terkait kegiatan.
Lulusan Perguruan Tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill. Kekurangan atas salah satu dari keempat keterampilan/kemahiran tersebut dapat menyebabkan berkurangnya mutu lulusan. Sinergisme akan tercermin melalui kemampuan lulusan dalam kecepatan menemukan solusi atas persoalan yang dihadapinya. Dengan demikian, pemikiran dan perilaku yang ditunjukkan mahasiswa akan bersifat kreatif (unik dan bermanfaat) dan konstruktif (dapat diwujudkan). Kemampuan berpikir dan bertindak kreatif mahasiswa dapat disalurkan melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).
Program Kreativitas Mahasiswa adalah kegiatan untuk meningkatkan mutu mahasiswa untuk dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional dengan menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.
Bidang PKM
Secara garis besar PKM dikelompokkan menjadi 2 (dua):
- PKM Pendanaan, terdiri dari 8 bidang PKM, yaitu PKM-RE; PKM-RSH; PKM-K; PKMPM; PKM-PI; PKM-KC; PKM-KI; dan PKM-VGK;
- PKM Insentif, terdiri dari 2 bidang PKM, yaitu PKM-GFT dan PKM-AI.
Bidang kegiatan PKM ini melatih mahasiswa agar mampu menghadirkan solusi ke tengahtengah permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah, masyarakat, atau dunia kerja/industri, sehingga kehidupan berbangsa dan bernegara melangkah ke arah yang lebih baik.
Topik PKM tidak dibatasi namun sedapat mungkin dikaitkan dengan penyelesaian masalah kekinian. Judul hendaknya tidak menggunakan akronim atau singkatan yang tidak baku dan hanya diperbolehkan maksimal 20 kata.
- PKM-RE, meliputi riset yang mengungkap hubungan sebab-akibat, aksireaksi, rancang bangun, eksplorasi, materi alternatif, desain produk atraktif, blue print dan sejenisnya atau identifikasi senyawa kimia aktif
- PKM-RSH, meliputi riset yang mengungkap hubungan sebab-akibat,
penelitian deskriptif tentang perilaku sosial, ekonomi, pendidikan, seni dan budaya masyarakat baik terkait dengan kearifan lokal maupun perilaku kontemporer. - PKM-K, bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam menghasilkan komoditas unik serta merintis kewirausahaan yang berorientasi pada profit. Unsur utama yang ditetapkan adalah tingkat intelektual dan kreativitasnya. Pelaku utama adalah mahasiswa, sementara pihak lainnya hanya sebagai faktor pendukung
- PKM-PM, bertujuan untuk menumbuhkan empati mahasiswa kepada
persoalan yang dihadapi masyarakat melalui penerapan iptek yang menjadi solusi tepat bagi persoalan atau kebutuhan masyarakat yang tidak berorientasi pada profit. - PKM-PI, bertujuan untuk membuka wawasan iptek mahasiswa terhadap persoalan yang dihadapi dunia usaha (usaha mikro sampai perusahaan besar) atau masyarakat yang berorientasi pada profit. Solusi iptek yang diimplementasikan harus merupakan respon persoalan prioritas yang disampaikan calon mitra.
- PKM-KC, bertujuan membentuk kemampuan mahasiswa mengkreasikan sesuatu yang baru dan fungsional atas dasar karsa dan nalarnya. Karya cipta tersebut bisa saja belum memberikan kemanfaatan langsung bagi pihak lain. PKM-KC tidak meniru produk eksisting baik di dalam maupun luar negeri, kecuali memodifikasi prinsip dan/atau fungsinya.
- PKM-KI, bertujuan untuk menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap problematika faktual di masyarakat atau dunia usaha, dan sekaligus mengasah kreativitas mahasiswa untuk menghasilkan karya fungsional inovatif yang solutif berbasis iptek. Luaran utama berupa produk skala penuh (skala 1:1), jadi bukan merupakan prototipe.
- PKM-VGK, bertujuan untuk memotivasi partisipasi mahasiswa dalam
mengelola imajinasi, persepsi dan nalarnya, memikirkan tata kelola yang konstruktif sebagai upaya pencapaian tujuan SDGs di Indonesia maupun solusi keprihatinan bangsa Indonesia. - PKM-GFT, bertujuan untuk meningkatkan daya imajinasi mahasiswa dalam merespon tantangan zaman, umumnya berupa konsep perubahan dan/atau pengembangan dari berbagai aspek berbangsa, bersifat futuristik, jangka panjang, tetapi berpotensi untuk direalisasikan.
- PKM-AI, bertujuan untuk memberi pengalaman mahasiswa menghasilkan karya tulis ilmiah. Bidang ini merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari hasil kegiatan akademik lainnya dalam bidang pendidikan, penelitian atau pengabdian kepada masyarakat (misalnya studi kasus, praktik lapang, KKN, PKM pendanaan yang tidak lolos PIMNAS, magang, dan lain-lain) yang merupakan hasil kerja kelompok.
Persyaratan
- Mahasiswa aktif program Diploma dan Sarjana.
- Seorang mahasiswa dapat bergabung pada lebih dari 2 tim pengusul proposal PKM 5 Bidang tetapi hanya dapat terlibat dalam 2 judul proposal yang didanai (sebagai ketua dan anggota, atau keduanya sebagai anggota). Ketentuan ini juga berlaku pada PKM-KT.
- Dosen pendamping dapat mendampingi lebih dari 10 tim pengusul proposal tetapi hanya dapat mendampingi maksimal 10 tim PKM yang didanai di semua jenis PKM (PKM 5 bidang dan PKMKT).
- Tim beranggotakan maksimal 3-5 orang (PKM K,T dan M) dan maksimal 3 orang (PKM P, KC dan KT) sudah termasuk ketua.
- Ketua tim hanya bisa mengetuai satu judul proposal dalam satu periode PKM.
Penanaman 2000 Mangrove
Bandar Lampung – Lingkungan menjadi salah satu isu kegiatan yang dilakukan oleh Universitas Bandar Lampung (UBL) dalam rangka Dies Natalis ke 50 tahun. Bekerjasama dengan Brigade Infanteri Marinir 4/Berdiri Sendiri (Brigif 4 Mar/BS), UBL berupaya memulihkan ekosistem dengan menanam sebanyak 5018 pohon yang dipusatkan di pinggir pantai Marine Eco Park, Brigif 4 Mar/BS, Padang Cermin, […]
Donor Darah Dies Natalis UBL ke 50 tahun
Dalam rangkaian Dies Natalis Universitas Bandar Lampung, KSR UBL bersama PMI menyelenggarakan kegiatan donor darah yang diselenggarakan di Gedung F, Ruang F 1.4 dan F 1.1. Kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor Universitas Bandar Lampung, Prof. Dr. Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, M.B.A. Dalam sambutannya Rektor menegaskan bahwa beliau sangat mendukung apabila kegiatan donor darah ini […]