SIMKATMAWA (Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan) adalah suatu pemeringkatan yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu institusi agar berbanding lurus dengan peningkatan mutu lulusannya.

Pemeringkatan dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu vokasi dan non vokasi dan berdasarkan liga atau jumlah mahasiswa. Berdasarkan liga atau jumlah mahasiswa, perguruan tinggi negeri dan swasta dibagi menjadi empat kategori.

Liga 1 untuk perguruan tinggi dengan mahasiswa aktif lebih dari 18.000; Liga 2 untuk perguruan tinggi dengan mahasiswa aktif lebih dari 5.000 dan kurang dari atau sama dengan 18.000. Kemudian Liga 3 untuk mahasiswa aktif lebih dari 1.000 dan kurang dari atau sama dengan 5.000 dan Liga 4 untuk mahasiswa aktif kurang dari atau sama dengan 1.000.

Universitas Bandar Lampung masuk dalam Liga 2 dengan jumlah mahasiswa antara 5 ribu sampai 18 ribu orang. UBL menduduki peringkat ke-29 Liga 2 nasional dan secara keseluruhan, kompilasi 4 liga UBL ada di peringkat 60.

Diharapkan ke depan mahasiswa dapat terus aktif dan kreatif dalam prestasi di segala bidang kemahasiswaan khususnya kegiatan Kemendikbud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *